Tips

Cantik & Ganteng Itu Berawal Dari Perut Sehat

Related Posts


CANTIK atau ganteng itu juga bisa dimulai dari perut. Lho apa korelasinya? Kenapa bisa? Ini serius. Salah satu pepatah Jepang menyebutkan bahwa penuaan dimulai dari perut. Apa penyebabnya? Yuk, kita ulik bersama.

Pada dasarnya, hubungan kecantikan dan kesehatan berkaitan dengan profil mikroorganisme yang hidup di dalam tubuh manusia. Menurut hasil penelitian, diketahui bahwa di dalam usus seorang manusia terdapat sekitar 10.000 triliun bakteri yang tergolong ke dalam 300 spesies atau jenis!

Mikroorganisme yang habitatnya memang usus manusia bisa berdampak kondisi di mana jumlahnya berlebih akibat konsumsi obat maag berlebih. Obat maag yang dikenal sebagai antasida adalah antagonis dari kondisi asam yang ada di lambung. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan berpengaruh pada pertahanan terhadap masuknya mikroorganisme dari luar.

Padahal, menurut data riset, diketahui sekitar 300-400 miliar bakteri dan mikroorganisme lainnya memasuki lambung bersama makanan yang kita konsumsi. Adanya ketidakseimbangan jumlah dan koloni mikroorganisme inilah yang kemudian mendorong munculnya penyakit.

Dalam keadaan normal, flora normal ataupun mikroorganisme usus mampu memproduksi sekitar 3000 enzim yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebagian dari enzim yang diproduksi itu berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dihasilkan oleh mikroorganisme asing ataupun yang dihasilkan sebagai limbah dari pertempuran antara sistem pertahanan tubuh dengan mikroorganisme asing.

Oleh karena itu, menjaga kondisi lingkungan saluran cerna tetap kondusif adalah prasyarat utama untuk menjaga kesehatan. Untuk itu bahan makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik) dan zat yang menunjang pertumbuhan dan hidup bakteri baik (prebiotik) perlu dijaga asupannya. Bersama serat mikro probiotik juga membantu proses sintesis kolesterol dan enzim-enzim penting seperti lipase dan juga proses produksi garam empedu.

Jadi kecantikan seorang wanita atau ketampanan lelaki itu bisa dimulai dari perut atau lebih spesifiknya lagi dari simtem pencernaan yang sehat. Ya, kalau sistem pencernaan sudah sehat, maka akan terpancar dari ekspresi sehat. Jangan hanya ingin cantik itu dengan polesan sana-sini, tapi bila penyakit menumpuk, apalah artinya kecantikan atau ketampanan? []

sumber : http://islampos.com/cantik-ganteng-itu-berawal-dari-perut-sehat-50796/


About the Author
Admin

Kami tim admin mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Live Stream Mesir

Buku Terbaru Aa Gym

Desain

Berbagi Informasi dengan sahabat-sahabat semua.